Sumsel Kreatif adalah situs berita dan agensi yang menyediakan informasi berita up to date.
Beli Tema Ini

Festival Anjungan dan Pekan Adat ke-4 Tahun 2023 Resmi Ditutup

PALEMBANG -Festival Anjungan dan Pekan Adat ke-4 Tahun 2023 di Anjungan Dekranasda Jakabaring Palembang, Sabtu (5/8) petang, secara resmi ditutup oleh Gubernur H Herman Deru diwakili Asisten Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda  PSumsel, Edward Candra.

 Dalam penutupan Festival anjungan tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD.

Dalam laporanya Feby Deru menyebut tujuan dari Festival tersebut adalah memberikan edukasi dan informasi yang akurat terkait adat istiadat dan budaya asli Sumsel. Selain itu juga bertujuan menghidupkan kembali berbagai kearifan lokal  melalui rumah adat dan anjungan Kabupaten/kota  yang ada di Bumi Sriwijaya.

“Kami mengharapkan semua pihak terlibat memelihara anjungan ini, agar tetap terpelihara. Untuk diperkenalkan kepada generasi muda agar mereka tau adat dan budaya di Sumsel ini sangat banyak dan  beragam,” ucap Feby.

Sementara itu Gubernur Herman Deru dalam sambutan tertulisya yang bacakan , Edward Candra menegaskan pengembangan wisata dan budaya  memerlukan sentuhan.

“Budaya yang berada di anjungan merupakan miniatur. Kalau kita lihat seluruh kabupaten/kota ada rumah adat. Hal ini bukti bahwa Sumsel mempunyai adat istiadat yang beragam dan perlu dipelihara,” katanya. 

Lebih lanjut Edwar menegaskan, Gubernur Herman Deru sangat mengparesiasi dengan digelarnya Festival Anjungan dan Pekan Adat yang telah berjalan dengan sukses. 

“Pak Gubernur Herman Deru mengapresiasi Dekranasda Sumsel dan Kabupaten/Kota yang telah   mengangkat adat istiadat  melalui anjungan yang ada di Sumsel,” tutupnya. 

Dalam penutupan Festival kali ini dibagikan berbagai hadiah bagi pemenang masing-masing  pemenang kategori Anjungan/Rumah Adat,  Juara Pertama Kabupaten OKU, Kedua Kabupaten Lahat, Ketiga Kabupaten Muara Enim, Keempat Kabupaten OKI, Kelima Kabupaten Musi Rawas dan Keenam Kabupaten OKU Selatan. Sementara untuk Kategori Anjungan Terfavorit Kabupaten Ogan Ilir. 

Kemudikan Kategori Kuliner  dimenangkan oleh Juara Kabupaten Musi Banyuasin sebagai juara pertama. Di posisi kedua Kabupaten Empat Lawang, juara ketiga Kota Pagaralam, Keempat Kabupaten Muratara dan Kelima Kabupaten Banyuasin.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *